Maslenitsa

Wednesday, February 23, 2011

Semalam, kami diundang untuk merayakan maslenitsa, sebuah perayaan tradisional Rusia. Saya cuma menikmati makan-makannya saja, karena belum sempat mencari tahu makna perayaan ini sebelumnya. Setelah melakukan riset ekstensif di google, saya ingin membagi ceritanya dengan anda.

Simbol matahari (blog.tournavigator.ru)

 Perayaan maslenitsa (Ма́сленица) bersumber pada dua asal: kepercayaan pagan dan kristen ortodoks. Sebelum kristen masuk, maslenitsa adalah perayaan matahari untuk menyambut berakhirnya musim dingin. Setelah kristen ortodoks masuk, maslenitsa diubah menjadi perayaan minggu terakhir sebelum memasuki puasa besar (7 minggu sebelum paskah). Selama minggu maslenitsa, orang mulai dilarang untuk memakan daging. Namun, hasil olahan peternakan semacam keju, susu, dsb masih diperbolehkan. Setelah memasuki masa puasa besar, daging, ikan, susu dan olahannya sudah tidak boleh dikonsumsi lagi. 

Karena maslenitsa merupakan minggu terakhir diperbolehkannya mengonsumsi telur dan olahan susu, orang-orang merayakannya dengan membuat pancake maslenitsa. Bliny (блин) merupakan pancake yang menjadi simbol matahari, bawaan dari tradisi pagan. Selain itu, diadakan juga permainan-permainan tradisional dan pertunjukan seni. Lengkapnya bisa dibaca di sini

Contoh bliny

Hari terakhir minggu maslenitsa disebut sebagai 'hari minggu pemaafan' (sunday forgiveness). Setiap orang mengakui kesalahannya, memohon maaf ke orang lain, dan dapat memulai puasa besar dalam keadaan bersih.


Selama masa Uni Sovyet, maslenitsa tidak boleh dirayakan, seperti halnya acara keagamaan lainnya. Sekarang pun, maslenitsa sebagain besar dirayakan dalam konteks acara budaya saja, bukan fungsi keagamaannya.


(diceritakan ulang dari wikipedia :)) )

You Might Also Like

0 comments