Modus Anomali

Saturday, April 28, 2012


Singkat kata: jalan cerita film tentang pembunuhan keluarga yang sedang berlibur di hutan.

(Stop sampai di sini apabila anda belum menonton)



Sebenarnya, bukan satu keluarga sih. Tapi cuma orang tuanya saja yang mati. Anak-anak mereka dibiarkan hidup, dengan dibekali beberapa senjata, secarik kertas berisi pesan palsu, serta video pembunuhan ibu mereka. Lebih tepatnya: mereka dibiarkan hidup untuk sementara, untuk mengikuti permainan maut sang tokoh utama.

Jadi, John Evans (tokoh utama) adalah seorang psikopat. Tapi bukan psikopat yang biasa ditemui di film-film sejenis. Dia membuat pembunuhan ini menjadi sebuah permainan, tapi juga bukan permainan sadis yang biasa ditemui di film-film lain.

Dia akan mengincar keluarga (lengkap bapak-ibu-anak) yang sedang berlibur di hutan. Dia bunuh si bapak. Dia lumpuhkan yang lain (satu persatu dibius). Dia nyalakan handycam keluarga korban untuk merekam proses pembunuhan si ibu. File rekaman di handycam yang memunculkan wajah si bapak asli dihapus semua. Ia membuat rekaman singkat tentang dirinya yang seolah-olah menjadi si bapak.

Kemudian, ia bekali anak-anak yang masih pingsan itu dengan berbagai senjata: panah, parang, dan lain-lain. Ia tinggali mereka sebuah pesan palsu: dimana bapak mereka (yang sebenarnya sudah jadi mayat) sedang ia sembunyikan. Mereka harus mencari dia, karena dia yang memegang kunci untuk membebaskan si bapak. Mayat si bapak sendiri ia sembunyikan di suatu tempat.

Kemudian, John sempurnakan persiapan terakhir: menyuntikkan suatu obat yang akan membuat dia hilang kesadaran, serta hilang ingatan.

Sehingga, ketika ia (dan anak-anak yang ia bius) sadar, permainan sebenarnya akan dimulai. John yang hilang ingatan (sementara), berusaha untuk mencari jati dirinya. Ia temukan foto keluarga korban (minus si bapak) di dalam dompetya. Ia kemudian otomatis akan menemukan pondokan tempat pembunuhan; dan mendapati "istri"nya dibunuh. Ia dapati "anak-anak"nya telah menghilang. Di sisi lain, anak-anak itu akan mulai mengejar John (dengan bekal senjata yang sengaja ditinggal), karena mereka ingin menyelamatkan bapak mereka.

Di benak John, yang terjadi adalah seolah-olah ialah sang korban, yang sedang diburu oleh pembunuh keluarganya. Dan perspektif inilah yang ditampilkan selama separuh pertama film.


Inilah yang menurut saya membawa level psikopat John ke tingkat lebih tinggi. Ia menjadikan proses pembantaian tersebut menjadi sebuah permainan yang tak terduga. Sebuah modus yang berbeda dari modus-modus psikopat lainnya. Inilah mungkin yang dimaksud sebagai 'Modus Anomali' oleh Joko Anwar.

--

Saya membaca beberapa review yang menyebut bahwa Modus Anomali memiliki kemiripan dengan Memento. Saya bingung di mana letak miripnya. Mungkin karena sama-sama hilang ingatan? Atau karena sama-sama memiliki tokoh utama yang sekaligus penjahatnya? Menurut saya, argumen tersebut terlalu lemah. Itu mungkin mirip dengan anggapan Batman meniru Superman, karena sama-sama memakai baju ketat.

Sejak awal film, saya rasa hampir semua penonton juga sudah bisa menebak bahwa pembunuh sebenarnya adalah John.Yang menjadi kekuatan utama film ini bukan masalah siapa, tapi mengapa dan yang terutama adalah bagaimana. Ini mirip dengan pakem film bahwa setiap jagoan pasti menang. Yang membedakan masing-masing film adalah, bagaimana prosesnya sampai ia bisa menang.

Oleh karena itu, apabila ada yang kecewa dengan film ini karena menebak dengan benar pelakunya, ya saya rasa itu bukanlah inti utama dari film ini. Sebagaimana jelas-jelas tertulis di judul: Modus Anomali. Ini semuanya tentang mengapa dan bagaimana John melakukan pembantaian.

Kekurangan pada film ini, saya rasa terletak pada dialog bahasa Inggrisnya. Masih banyak tokoh yang dialognya terdengar kaku. Hal lain yang sangat mengganggu saya adalah saat adegan Evans muntah di hutan. Terlihat sekali bahwa muntahan tersebut tidak keluar dari mulut Evans, tapi dari samping kanannya. Rasanya seperti melihat efek di film-film murahan :(

Secara umum, Modus Anomali adalah sebuah film mantap dengan alur cerita yang menarik. Modusnya tak terduga. Bagi saya, ini adalah film wajib tonton.

Tugas selanjutnya adalah mencari Pintu Terlarang, yang bagi sebagian orang dianggap masih lebih baik dibanding Modus Anomali. Saya jadi penasaran seperti apa filmnya :D

Di tahun 2012 ini, sudah ada dua film Indonesia yang mantap: The Raid dan film ini. Semoga film-film Indonesia dengan kualitas yang sama atau bahkan melebihi dua film tersebut akan semakin banyak bermunculan di bioskop kita. Amin.

---

Sebagai bonus, mari kita simak soundtrack Modus Anomali: Bogor Biru dari Sore.


You Might Also Like

5 comments

  1. Pintu terlarang juga hampir mirip, seperti modus anomali ini, cuma tidak sengaja hilang ingatan, tapi memang gila karena mungkin menyesal karena telah membunuh anggota keluarganya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, belum nonton euy. Sip, makasih mas infonya :-)

      Delete
  2. mau tanya dong, saya belom ngerti sampe sekarang.itu yang ngejar" dan membakar dia pas di peti itu siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Ghozali,

      pada intinya, yang mengejar-ngejar dia sebenarnya adalah korbannya sendiri. Mereka melakukan itu sebagai bentuk self-defense, karena sebenarnya *dia*lah yang hendak membunuh mereka.

      Jadi intinya begini. Tokoh utamanya seorang psikopat. Dia mencari korban yang sedang berlibur di hutan. Dia bunuh salah satu korban, dan membiarkan korban yang lain lari ke hutan. Lalu, dia minum obat yang bisa membuat dia hilang kesadaran sementara. Setelah terbangun, dia tidak tahu siapa dirinya. Kemudian dia menemukan mayat korban, yang dibuat seolah-olah itu adalah keluarganya. Di sisi lain, korban yang dibiarkan selamat mulai menyerang dia, karena takut dibunuh juga. Tapi, dari sudut pandang tokoh utama, seolah-olah dialah yang jadi korban di sini.

      Kira-kira seperti itu. Makanya judulnya 'Modus Anomali'.

      Delete
  3. Saya adalah salah satu yg beranggapan bahwa film ini mirip dgn memento. Bagian yang mirip adalah plotnya. Kita akan mengerti whole plot (klimaks) memento begitu ada di tengah film. Sama dengan modus anomali.. Bisa diterima?

    ReplyDelete