Akamai State of The Internet Q2: Posisi Indonesia

Tuesday, November 12, 2013


Media di Indonesia agak ramai dengan laporan Akamai kuartal 1 2013 silam. Sayangnya, bukan karena prestasi membanggakan semisal kecepatan koneksi Internet yang naik drastis, tapi karena melejitnya posisi Indonesia sebagai negara penghasil serangan cyber #2 di dunia. Sayangnya lagi, posisi tersebut juga tidak secara otomatis menggambarkan bahwa Indonesia gudangnya hacker dunia. Tapi lebih ditengarai bahwa Indonesia dijadikan sarang komputer zombie yang dimanfaatkan penjahat negara lain untuk menyerang target mereka.

Lalu, bagaimana perkembangan Indonesia pada laporan Akamai kuartal ke-2 2013?


Trafik serangan cyber
Indonesia naik peringkat #1 mengalahkan China. Jumlah serangan meningkat dari 21% menjadi 38%.
Attack traffic, top originating countries Q2 2013
(akamai.com)

Kecepatan koneksi Internet rata-rata
Dalam kuartal II, tercatat koneksi rata-rata masyarakat kita sebesar 1.7 Mbps. Di satu sisi,  kecepatan kita masih kalah dibandingkan dengan Thailand, Malaysia, ataupun Singapura. Terlebih lagi macam Korsel, Hongkong, atau Jepang. Namun, di sisi lain, kita boleh tersenyum karena angka tersebut ternyata mengalami lonjakan tajam dalam satu tahun terakhir (125%). Ini berarti ada peningkatan serius pada kualitas infrastruktur Internet kita.

Average connection speed (Asia-pacific region)
(akamai.com)
Koneksi High Broadband
Akamai mendefinisikan high broadband sebagai koneksi dengan kecepatan di atas 10 Mbps. Tentu saja, kecepatan setinggi itu masih menjadi barang langka bagi kita. Dan dari catatan Akamai, hanya sekitar 0.1% saja koneksi ke jaringan mereka yang memiliki kecepatan kualifikasi high broadband.

High broadband (>10 Mbps) connectivity (Asia-pacific region)
(akamai.com)
Yang menarik adalah posisi China. Dalam setahun terakhir, ternyata pengguna high broadband mereka mengalami peningkatan hingga 7 kali lipat. Di level ASEAN, hal tersebut dialami Thailand yang meningkat 1,2x dibanding tahun kemarin. Penduduk Singapura pun menikmati lonjakan akses high broadband hingga 80%.

Koneksi broadband
Koneksi broadband adalah koneksi dengan kecepatan di atas 4 Mbps. Apabila dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN lain, pengguna broadband kita (3%) masih kalah jauh dibanding Malaysia (27%) dan Thailand (51%). Namun, dari sisi pertumbuhan, angka kita tersebut naik 3 kali lipat sejak tahun kemarin. Termasuk yang tertinggi di Asia-Pasifik.
Broadband (>4 Mbps) connectivity (Asia-pacific region)
(akamai.com)
-------

You Might Also Like

1 comments

  1. mengerikan , indonesia masih menjadi sarang komputer zombie . bukan internet yang cepat tetapi malah negara dengan serangan cyber terbesar ke-2 di dunia.

    ReplyDelete