The Lost Symbol - Hal-Hal yang Menarik

Friday, November 01, 2013

The Lost Symbol, buku petualangan ketiga Robert Langdon oleh Dan Brown. Terbit tahun 2009.




Sedikit Jalan Cerita
Robert mendapat pesan dari mentornya, Peter Solomon, untuk datang ke Washington sebagai pembicara dalam suatu acara. Tak dinyana, ternyata itu adalah jebakan dari seseorang, yang ingin memanfaatkan Rober untuk memecahkan sebuah misteri terbesar dari organisasi Freemason. Peter Solomon sendiri adalah petinggi dalam organisasi tersebut. Di sisi lain, muncul CIA yang juga memburu orang tersebut, karena dianggap membahayakan keamanan nasional. Dalam cerita, kita akan diajak berpetualang menyusuri bangunan dan monumen tua kota Roma--ah bukan, itu nama lamanya--di kota Washington.
Di ujung cerita, akan muncul sebuah kejutan tak terduga, yang mengingatkan kita pada drama di Star Wars.

Perbandingan
Saya coba banding-bandingkan dengan novel Dan Brown lain.
The Da Vinci Code bercerita tentang cawan suci, Maria Magdalena, dan Isaac Newton. Lokasinya di Paris dan Westminster.
Angels & Demons berkisar tentang kepausan, ksatria templar, dan antimatter. Plot berjalan di Roma dan Vatikan.
Inferno mengulas.. Inferno, isu populasi dunia, senjata biologi. Di sini, Robert menjelajahi Florence, Venesia, dan Istanbul.

The Lost Symbol sendiri topik utamanya adalah tentang Freemason. Cukup menarik, karena organisasi ini banyak sekali cerita konspirasinya. Dan di sini, diulas cukup mendalam mengenai apa sebenarnya mereka, ritual-ritualnya, siapa tokoh-tokoh besar yang menjadi anggota, dll. Sisi sejarah yang lain adalah mengenai cerita-cerita bapak pendiri Amerika Serikat, dan sejarah pembangunan kota Washington. Noetic science menjadi topik yang berkaitan dengan sains.

Hal yang menarik
Yang saya paling sukai dari Dan Brown adalah ia selalu memberikan pengetahuan-pengetahuan baru dalam setiap novelnya. Dalam The Lost Symbol, ada beberapa yang menarik saya:

US Capitol
Bangunan ini menjadi latar kejadian di awal sampai tengah cerita. US Capitol adalah tempat kerja Kongres Amerika Serikat.

National Statuary Hall
Tempat pertemuan di dalam US Capitol
winstonchurcill.org
Capitol Rotunda
Ini adalah ruangan persis di bawah kubah US Capitol. Di langit-langitnya terdapat lukisan Apothesis of Washington, yang juga menjadi bagian dalam cerita.
source: soholmweb.dk
Lukisan Apotheosis of Washington.
Source: timenolonger.ning.com
The hand of the mysteries
Ini adalah posisi potongan tangan kanan Peter yang diletakkan di Capitol Rotunda. Lima simbol di masing-masing jari: mahkota, bintang, matahari, lentera, dan kunci. Di masa lalu, kelima simbol tersebut merupakan undangan untuk menghadiri pertemuan rahasia.
Source: devianart.com
Noetic Sciences
Daripada susah menerangkan ulang, saya salin penjelasan dari Institute of Noetic Sciences (IONS):
 A multidisciplinary field that brings objective scientific tools and techniques together with subjective inner knowing to study the full range of human experiences.
Ada fakta menarik yang disebutkan dalam buku terkait dengan noetic sciences.

Ketika peristiwa 9/11 terjadi, peneliti mendapati bahwa ketika mayoritas penduduk bumi mengalami kecemasan pada saat yang bersamaan (terfokus), tiba-tiba 37 random-event-generator yang tersebar di beberapa lokasi dunia, menghasilkan keluaran yang sangat tidak acak. Ini membuktikan bahwa ketika pikiran manusia difokuskan, maka kekuatan pikiran tersebut dapat mempengaruhi material. Kalau istilah di dalam cerita: mind over matter.

Enthroned Washington
Ini adalah patung yang menggambarkan George Washington dalam posisi seperti Zeus
Source: wikipedia.org


You Might Also Like

1 comments

  1. wah ini salah satu buku faforit saya , dulu waktu pertama baca waktu kelas 3sma . tetapi sampai sekarang masih sering baca .

    ReplyDelete