Membuka Rekening Bank di Singapura

Sunday, December 02, 2018

Saya baru tiba di Singapura dengan menggunakan IPA (in-principle approval) dari MOM, dan belum mendapatkan kartu ijin kerja. Saya harus membuat rekening bank lokal untuk keperluan payroll ataupun untuk menerima allowance fee dari perusahaan jasa relokasi yang digunakan oleh perusahaan anda. Di bank mana saya harus membuka rekening?

Meskipun di Singapura sendiri banyak sekali bank yang beroperasi, namun kantor cabang yang dekat dengan kantor ternyata tidak cukup banyak. Dari tinjauan di Google Map, ada 4 kandidat berdasarkan jarak tempuh: POSB, UOB, CIMB, dan DBS.

Pertama, yang harus diketahui adalah persyaratan pembukaan rekening untuk orang asing. Setidaknya ada 3 syarat:

  1. Bukti ijin kerja dari pemerintah Singapura
  2. Bukti alamat tempat tinggal. Dalam kasus saya, orang HR kantor membuatkan surat keterangan bahwa benar saya tinggal di alamat yang tercantum di surat tersebut.
  3. Paspor

Yang menyulitkan adalah poin 1, dimana saya baru akan mendapatkan kartu employment pass saya minggu depannya. Sementara hari Jumat saya sudah harus memberikan data nomor rekening saya untuk keperluan payroll bulan tersebut.

Singkat cerita, UOB dan CIMB tidak bisa mendukung skenario tersebut karena mereka mensyaratkan adanya kartu ijin kerja (surat IPA saja tidak cukup).

Untuk POSB, berdasarkan pengalaman saya, saya tidak merekomendasikan. Saya kira kantor bank di Singapura pasti sepi karena warganya sudah melek TI. Saya salah. Kantor POSB yang saya datangi disesaki nasabah, terutama orang-orang lansia. Dugaan saya, mereka mengurusi pembayaran uang pensiun ataupun jaminan sosial. Saya sendiri harus menunggu sampai 2 jam sampai dilayani oleh CS.

Terkait dengan persyaratan di atas, pastikan bahwa surat di poin 2 mencantumkan identitas anda dengan benar. Saya batal membuka rekening di POSB (setelah menunggu 2 jam) karena nama saya di surat keterangan salah. Jadi, cek ulang surat dari HR, terutama untuk nama anda, nomor identitas, dll.

Pilihan saya akhirnya jatuh ke DBS. Mereka menerima pembukaan rekening dengan menggunakan IPA. Bahkan dengan setoran awal nol (mungkin semua bank di Singapura seperti ini). Namun, sebaiknya harus ada saldo minimal SGD 3000 tiap bulannya agar tidak kena charge administrasi SGD 5 perbulan.

Sebenarnya, apabila anda tidak buru-buru, metode pembukaan rekening yang direkomendasikan oleh DBS (dan juga POSB, karena POSB adalah anak perusahaan DBS) adalah secara online. Anda cukup mengupload persyaratan di atas ke website mereka. Bedanya, butuh beberapa hari kerja sampai permohonan anda disetujui, sementara di kantor cabang bisa langsung dibuatkan.

Semoga membantu anda yang mengalami masalah yang sama.

You Might Also Like

0 comments